Skip to main content

Etherchannel

Hay Guys,disini aku mau jelasin tentang etherchannel.Langsung aja yaa… 

1. Konsep Etherchannel

            Etherchannel adalah teknik untuk menggabungkan beberapa link fisikal menjadi satu buah link logikal. Tujuan dari etherchannel adalah untuk menambah kapasitas link yang biasanya menggunakan 1 buah kablel Fastethernet dengan kecepatan 100MBPS dengan menggunakan dua buah kabel dapat menambah kecapatan link menjadi 200MBPS. Etherchannel dapat digunakan anatar switch, router dan server.
         EtherChannel juga menyediakan bandwidth yang lebih banyak. Trunk-trunk pada EtherChannel berada pada status forwarding semua atau blocking emua, karena STP memperlakukan semua trunk pada EtherChannel sebagai 1 trunk. Saat EtherChannel berada pada status forwarding, maka switch akan melakukan load-balance (membagi rata) traffik pada semua trunk, sehingga bandwidth yang tersedia jadi lebih banyak.
     Etherchannel dapat dikonfigurasikan dengan dua hingga delapan active Fast Ethernet, Gigabit Ethernet atau 10 Gigabit Ethernet port. Jadi jika menggunakan 8 jalur/port bisa menghasilkan kecepatan 800 Mbit/s, 8 Gbit/s atau 80 Gbit/s.

2. Link Agregasi EtherChannel

          Dengan menggunakan EtherChannel dapat menerapkan sistem redundancy yaitu jika terjadi kerusakan pada suatu perangkat maka perangkat tersebut akan digantikan perannya oleh perangkat lain. Dengan metode EtherChannel ini maka proses pengiriman paket data akan lebih cepat, jika kita menggunakan 3 link kabel maka kecepatannya akan menjadi 3x lipat, apabila kita menggunakan 5 link kabel maka kecepatannya akan mejadi 5x lipat.Jika salah satu link kabel mati maka kecepatannya akan menjadi 4x lipat, begitu seterusnya.Untuk menerapkan EtherChannel, interface yang digunakan tidak dapat dicampur.Misalnya, FastEthernet tidak dapat dipasangkan dengan Gigabit Ethernet.EtherChannel mampu menggabungkan sampai 8 port
Hingga 800 Mb (FastEtherChannel)
Hingga 8 Gb (Gigabit EtherChannel)
Interface yang digunakan untuk membangun EtherChannel tidak harus menggunakan perangkat yang sama.
Terdapat 2 protokol utama yang digunakan oleh etherchannel  yaitu Port Aggretation Protocol (PAGP) dan Link Aggretation Protocol (LACP).

        
3. Konsep Port Aggregation Protocol (PAgP) dan Konfigurasi

             PAgP atau Port Aggretation Protocol adalah sebuah protokol milik Cisco yang membantu dalam pembuatan otomatis dari link EtherChannel. Ketika sebuah link EtherChannel diatur menggunakan PAgP, paket PAgP dikirim diantara EtherChannel-capable ports guna menyusun pembentukan channel. Jika PAgP mengenali link Ethernet yang cocok, ia mengelompokkan link tersebut kedalam sebuah EtherChannel. EtherChannel kemudian ditambahkan ke spanning tree sebagai single port.
Saat diaktifkan, PAgP juga menyesuaikan EtherChannel. Paket PAgP dikirim setiap 30 detik. PAgP memeriksa konsistensi pengaturan dan menyesuaikan link tambahan dan yang rusak antara dua switch. PAgP memastikan saat sebuah EtherChannel dibuat, semua port memiliki pengaturan tipe yang sama.

Konfigurasi PAgP :


  • Buat Desain Seperti Berikut 

  • lalu Konfigurasi 2 swith dengan perintah berikut (tapi untuk interface nya sesuaikan dgn yn\g anda buat)




  • Jika semua setelah konfigurasi ,cek konfigurasi dengan perintah show etherchannel summary

  • Selesai jika hasil seperti diatas,Jika kurang paham bisa cek link



4. Konsep Link Aggregation Protocol (LACP) dan Konfigurasi

               LACP atau Link Aggregation Protocol adalah bagian dari spesifikasi IEEE (802.3ad) yang mengijinkan beberapa physical port agar digabung untuk membentuk sebuah single logical channel. LACP mengijinkan sebuah switch untuk perencanaan sebuah paketan otomatis dengan mengirimkan paket LACP menuju peer. LACP menerapkan fungsi yang sama dengan PAgP dengan EtherChannel Cisco. Dikarenakan LACP adalah standar IEEE, LACP bisa digunakan untuk memfasilitasi EtherChannel di dalam lingkungan multivendor.

Langkah-langkah Konfigurasi LACP :

  • Buat Desain Seperti berikut

  • Lalu lakukan konfigurasi disemua switch

  • Jika semua setelah konfigurasi ,cek konfigurasi dengan perintah show etherchannel summary

  • Selesai jika hasil seperti diatas,Jika kurang paham bisa cek link
Terimakasih :)
Maaf jika ada salah

Comments

Popular posts from this blog

Soal Latihan Elektronika Semester 1 BSI 2018 (latihan ujian online)

Soal Latihan Elektronika Semester 1  BSI 2018 (latihan ujian online) Hay Guys. Disini aku mau kasih kunci jawaban tentang latihan ujian online elektronika Semester 1 tahun 2018. langsung aja ya guys.tapi setiap 1 meja beda soal.tapi cuma diacak sih.don't Forget teliti. 1.      Nama lain untuk kristal tipe-pn adalah :                 a.Junction               d. Valensi                b. hole                    e. Dipole                c. kristal  2.      Dengan mengubah – ubah derajat doping dari dioda silikon,maka pabrik dapat menghasilkan              dioda zener dengan tegangan breakdown sebesar :               a. 10 V                  d. < 2 V               b. > 200 V            e. 10-20 V                c. 2 - 200V   3.      Arus maksimum yang berhubungan dengan batas kemampuan daya pada dioda zener adalah :               a. Izm = Pzm / Vz         d. Pzm = Izm / Vz              b. Izm = Vz / Pzm        e. Pzm = Izm - Vz              c. I

Pengertian,Kelebihan dan Kekurangan Ipv4 dan Ipv6

Pengertian IPv4 dan IPv6 serta Kelebihan dan kekurangannya Ø   IPv4 (Internet Procol version 4) IPv4 (internet Protocol version 4) adalah sebuah jenis pengalamatan jaringan yang digunakan di dalam protokol jaringan TCP/IP yang menggunakan protokol IP versi 4. Panjang totalnya adalah 32bit, dan secara teoretis dapat mengalamati hingga 4 miliar host komputer atau lebih tepatnya 4.294.967.296 host di seluruh dunia, jumlah host tersebut didapatkan dari 256 (didapatkan dari 8 bit) dipangkat 4(karena terdapat 4 oktet) sehingga nilai maksimal dari alamat IP versi 4 tersebut adalah 255.255.255.255 di mana nilai dihitung dari nol sehingga nilai nilai host yang dapat ditampung adalah 256x256x256x256=4.294.967.296 host, bila host yang ada di seluruh dunia melebihi kuota tersebut maka dibuatlah IP versi 6 atau IPv6. Contoh alamat IP versi 4 adalah 192.168.1.128. Kelebihan : -     Tidak mensyaratkan ukuran paket pada link layer dan harus bisa menyusun kembali paket berukuran 576 byt

Kata-katanya

kata-kata ini sebagian curahan hatiku dan temanku sebagian juga kata"nya dapat dari seseorang,. :) editan  imagechef