Skip to main content

Fungsi Protokol


Fungsi-Fungsi dari Protokol
Protokol adalah Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. Berikut fungsi dari 5 protokol :
1.      ICMP (Internet Control Message Protocol)
Internet Control Message Protocol (ICMP) adalah salah satu protokol inti dari keluarga. ICMP berbeda tujuan dengan TCP dan UDP dalam hal ICMP tidak digunakan secara langsung oleh aplikasi jaringan milik pengguna. Berikut ada 4 fungsi ICMP :
·         Membantu proses error handling / melaporkan apabila terjadi error pada sebuah jaringan
·         Mendeteksi terjadinya error pada jaringan, seperti connection lost, kemacetan jaringan dan sebagainya
·         Membantu control procedure atau prosedur pengaturan pada sebuah jaringan
·         Menyediakan pengendalian error dan pengendalian arus pada network layer atau lapisan jaringan

2.      POP3 (Post Office Protocol)
POP3 adalah kepanjangan dari Post Office Protocol version 3, yakni protokol yang digunakan untuk mengambil email dari email server. Fungsi utama POP3 adalah menyimpan sementara email yang dikirim ke server email, lalu meneruskannya ke klien email, yang akan direspon saat email dibuka oleh pengguna yang memenuhi syarat (dalam hal ini mereka memegang nama pengguna dan juga kata sandi dari alamat email).
3.      SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)
SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) merupakan sebuah protokol dalam jaringan internet yang biasa digunakan dalam pengiriman pesan elektronik (email). Fungsi SMTP melakukan transfer email ke pengguna berbasis IP address pada TCP port 25 menggunakan serangkaian perintah mesin antar host. Host yang juga end user menggunakan User Agent (MUA) atau Mail Transfer Agent (MTA). Selanjutnya email yang telah dikirimkan lalu diterima oleh end user dengan POP3 atau IMAP.
4.      FTP(File Transfer Protocol)
FTP (File Transfer Protocol) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk pertukaran file dalam suatu jaringan komputer yang mendukung protokol TCP/IP. Fungsi FTP adalah Melakukan transfer file antara komputer yang terhubung melalui jaringan, termasuk internet. Dalam bahasa teknis, FTP dikenal sebagai protokol jaringan yang memungkinkan transfer file antara komputer yang tersambung pada TCP/IP yang berbasis jaringan. FTP juga berfungsi untuk mempermudah dalam pembagian file-file., mempercepat secara tidak langsung atau implicyt menggunakan komputer remote, melindungi user dari berbagai file storage system antar host.
5.      ARP (Address Resolution Protocol)
ARP adalah protocol yang berfungsi memetakan IP address menjadi MAC (Media Access Control)address.Dia adalah penghubung antara datalink layer dan IP layer pada TCP/IP. Fungsinya ARP adalah untuk meningkatkan keamanan. Dalam mikrotik, masukan ARP bisa didapat secara dynamic. Namun untuk meningkatkan keamanan, kita dapat memasukkan ARP static secara manual. Dengan hanya membolehkan sebuah router me-reply hanya untuk masukan ARP static pada tabel ARP, maka akan membatasi akses ke router dan jaringan di belakang router, yang hanya untuk IP address atau mac address dengan kombinasi.

Comments

Popular posts from this blog

Soal Latihan Elektronika Semester 1 BSI 2018 (latihan ujian online)

Soal Latihan Elektronika Semester 1  BSI 2018 (latihan ujian online) Hay Guys. Disini aku mau kasih kunci jawaban tentang latihan ujian online elektronika Semester 1 tahun 2018. langsung aja ya guys.tapi setiap 1 meja beda soal.tapi cuma diacak sih.don't Forget teliti. 1.      Nama lain untuk kristal tipe-pn adalah :                 a.Junction               d. Valensi                b. hole                    e. Dipole                c. kristal  2.      Dengan mengubah – ubah derajat doping dari dioda silikon,maka pabrik dapat menghasilkan              dioda zener dengan tegangan breakdown sebesar :               a. 10 V                  d. < 2 V               b. > 200 V            e. 10-20 V                c. 2 - 200V   3.      Arus maksimum yang berhubungan dengan batas kemampuan daya pada dioda zener adalah :               a. Izm = Pzm / Vz         d. Pzm = Izm / Vz              b. Izm = Vz / Pzm        e. Pzm = Izm - Vz              c. I

Pengertian,Kelebihan dan Kekurangan Ipv4 dan Ipv6

Pengertian IPv4 dan IPv6 serta Kelebihan dan kekurangannya Ø   IPv4 (Internet Procol version 4) IPv4 (internet Protocol version 4) adalah sebuah jenis pengalamatan jaringan yang digunakan di dalam protokol jaringan TCP/IP yang menggunakan protokol IP versi 4. Panjang totalnya adalah 32bit, dan secara teoretis dapat mengalamati hingga 4 miliar host komputer atau lebih tepatnya 4.294.967.296 host di seluruh dunia, jumlah host tersebut didapatkan dari 256 (didapatkan dari 8 bit) dipangkat 4(karena terdapat 4 oktet) sehingga nilai maksimal dari alamat IP versi 4 tersebut adalah 255.255.255.255 di mana nilai dihitung dari nol sehingga nilai nilai host yang dapat ditampung adalah 256x256x256x256=4.294.967.296 host, bila host yang ada di seluruh dunia melebihi kuota tersebut maka dibuatlah IP versi 6 atau IPv6. Contoh alamat IP versi 4 adalah 192.168.1.128. Kelebihan : -     Tidak mensyaratkan ukuran paket pada link layer dan harus bisa menyusun kembali paket berukuran 576 byt

Kata-katanya

kata-kata ini sebagian curahan hatiku dan temanku sebagian juga kata"nya dapat dari seseorang,. :) editan  imagechef