Skip to main content

Macam-macam Topologi



Hay,guys...
Disini aku mau jelasin tentang Topologi,..

Topologi jaringan adalah, hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu node, link, dan station. Topologi jaringan dapat dibagi menjadi 7 kategori utama seperti di bawah ini :
1.      Topologi Bus
Topologi Bus adalah metode untuk menghubungkan dua atau lebih komputer secara serial, dengan menggunakan kabel utama sebagai pusat lalu - lintas data. Konektor yang digunakan pada topologi bus antara lain konektor BNC dan T konektor dan juga terminator, sementara untuk media transmisi topologi bus menggunakan kabel Coaxial. Bentuk topologi ini mirip dengan ruangan bus untuk itu model topologi ini dinamakan topologi bus.


Kelebihan Topologi Jaringan Bus
·         Mudah untuk membuatnya
·         Memiliki layout sederhana
·         Memerlukan biaya yang sedikit untuk membuatnya
·         Mudah dikembangkan tanpa mengganggu perangkat jaringan lainnya

 Kekurangan Topologi Jaringan Bus
·         Apabila terjadi gangguan, akan sulit untuk mendeteksi kerusakannya.
·         Sering terjadi kepadatan lalu lintas data pada jalur utama.
·         Apabila jalur utama mengalami kerusakan, seluruh jaringan akan lumpuh
·         Memerlukan repeater untuk memperkuat signal









2.      Topologi Ring
Pengertian Topologi Ring adalah topologi yang menghubungkan komputer satu ke komputer dua dan komputer dua menghubungkan kekomputer ketiga dan seterusnya lalu kembali lagi kekomputer satu, sehingga membentuk melingkar.
Kelebihan/Keuntungan Topologi Ring
·         Lebih murah
·         Tidak diperlukannya host
·         Kecepatan dalam pengirimannya yang tinggi
·         Mudah dalam perancangan
·         Pengaksesan data yang optimal
·         Penggunaan kabel yang sedikit
·         Komunikasi antar terminal mudah
·         Mampu melayani traffic yang padat
 Kekurangan/Kelemahan Topologi Ring

·         Pengiriman suara, video, dan data yang buruk
·         Kerusakan pada salah satu komputer dapat menyebabkan jaringan lumpuh
·         Memerlukan penanganan dan pengelolaan khusus bandles
·         Perusabahan jumlah perangkat yang sulit
·         Kinerja komunikasi bergantung dari banyaknya node yang terdapat pada jaringan





3.      Topologi Dual Ring

Pada topologi dual ring sama seperti topologi ring akan tetapi topologi dual ring  setiap node memiliki 2 Sehingga setiap perangkat nantinya dapat bekerja sama untuk mendapatkan sinyal dari sebelumnya dan diteruskan ke node yang selanjutnya. Pada proses penerimaan sinyal serta penerusan sinyal data akan dibantu dengan alat yang bernama token. Selain itu topologi dual ring berfungsi sebagai backup transmission jika salah 1 node pada topologi tersebut tidak berfungsi.


Kelebihan Topologi Dual Ring
·         Bisa sebagai backup transmission jika salah 1 node pada topologi tersebut tidak berfungsi
Kekurangan Topologi Dual Ring
·         Lebih Boros Kabel
·         Saat Pengimpletansi Topologi ini cukup sulit, karena harus mengatur arah data agar tidak terjadi collision










4.      Topologi Star
Topologi Star adalah topologi yang menggunakan setiap komputer melalui hub/switch. Fungsi hub/switch adalah sebagai pengatur dan pengendali dalam pengiriman ke komputer satu tanpa melewati komputer yang bukan tujuan.

Kelebihan/Keuntungan Topologi Star (Bintang)
·         Bersifat fleksibel
·         Keamanan data yang tinggi
·         Mudah dalam mendeteksi kerusakan pada jaringan
·         Jika salah satu komputer mengalami kerusakan , jaringan akan tetap berjalan dan tidak menimbulkan masalah bagi komputer lainnya
·         Pemasangan dan pengelolaan dari jaringan berbetuk bintang ini sangat mudah dan sangat sederhana dari segi Fungsionalitas
·         Sangat mudah untuk memecahkan masalah,  karena semua jenis jaringan komputer selalu tergantung pada hub sentral artinya bahwa setiap masalah dalam pengoperasian jaringan dioperasi dapat ditelusuri ke hub pusat.
·         Dalam topologi star, paket-paket data tidak mesti membuat jalan melalui berbagai node yang akan memastikan transfer data dengan cepat.
·         Pada saat yang sama, faktanya bahwa paket data hanya melalui tiga titik berbeda untuk memastikan bahwa data sampai dengan aman.
·         Sebagai node yang tidak terhubung satu sama lainnya, setiap masalah dalam satu node tidak mengganggu kinerja node lain dalam jaringan.
·         Menambahkan atau menggantikan mesin baru yang lama sangat mudah dalam topologi jaringan ini, dan tidak mengganggu jaringan ke node lainnya.
Kekurangan/Kelemahan Topologi Star (Bintang)
·         Menggunakan biaya yang cukup mahal karena menggunakan banyak kabel
·         Jika hub/switch mengalami kerusakan, maka dapat melumpuhkan jaringan
·         Jumlah terminal yang terbatas, bergantung dari jumlah port pada hub/switch
·         Jika lalu lintas padat maka jaringan akan melambat
·         Masalah utama dalam topologi bintang adalah kenyataan sangat bergantung pada fungsi hub pusat.
·         Ukuran dari jaringan ini bergantung pada berapa banyak koneksi dapat dibuat untuk hub.
·         Jenis jaringan ini membutuhkan lebih banyak kabel dibandingkan dengan topologi linear bus, yang berarti pengeluaran akan relatif tinggi.
·         Kinerja seluruh jaringan secara langsung tergantung pada kinerja hub. Jika server lambat, akan menyebabkan seluruh jaringan menjadi lambat
·         Jika salah satu simpul banyak memanfaatkan porsi pengolahan kemampuan yang signifikan dari hub pusat, akan mempengaruhi kinerja node lain.


5.      Topologi Mesh
Topologi Mesh adalah topologi yang saling terhubung dengan setiap perangkat. Topologi Mesh (jala) menggunakan satu kabel yang saling menghubungkan setiap komputer tanpa menggunakan hub/switch. Topologi Mesh (Jala) merupakan gabungan topologi dari topologi ring dan star.
Kelebihan/Keuntungan Topologi Mesh (Jala)
·         Keamanan yang dapat dikatakan baik
·         Besar bandwith yang cukup lebar
·         Tidak perlu khawatir mengenai tabrakan data
·         Pengiriman dan pemrosesan data yang terbilang cepat

Kekurangan/Kelemahan Topologi Mesh (Jala)
·         Biaya pemasangan yang besar
·         Biaya yang cukup mahal karena menggunakan banyak kabel dan port
·         Instalasi dan konfigurasi yang rumit dan sulit





6.      Topologi Tree
Topologi Tree (Pohon) adalah topologi yang terbentuk dari gabungan topologi bus dan star. Topologi tree disebut juga dengan pohon karena dilihat dari rangkainnya yang bercabang-cabang dan bertingkat-tingkat. Topologi Tree terbentuk dari dari beberapa topologi star yang kemudian dihubungkan dengan topologi Bus.


Kelebihan/Keuntungan Topologi Tree
·         Mudah mengembangkan menjadi jaringan luas
·         Mudahnya mendeteksi kerusakan atau kesalaahan
·         Manajemen data yang baik
 Kekurangan/Kelemahan Topologi Tree
·         Kinerja yang lambat
·         Hub menjadi peran penting
·         Menggunakan biaya yang banyak karena menggunakan banyak kabel dan hub­­­­­­­-­­
·         Jika komputer yang ada di tingkat tinggi mengalami masalah, maka komputer yang dibawahnya juga mengalami masalah





7.      Topologi Hybrid
Pengertian Topologi Hybrid adalah gabungan dari dua atau lebih topologi jaringan yang berbeda model sehingga menjadi suatu bentuk baru pada sebuah jaringan komputer.




Kelebihan Topologi Hybrid
·         Kecepatan transfer data pada topologi jaringan hybrid tergolong stabil, hal ini dikarenakan topologi hybrid menggabungkan kelebihan dari topologi jaringan lainnya dan meminimalisir kekurangannya.
·         Apabila terjadi gangguan pada salah satu node, tidak akan menggangu kinerja keseluruhan jaringan pada topologi jaringan hybrid.
·         Dapat berkerja dengan lebih baik walaupun lalu lintas data pada jaringan berbeda.
·         Untuk mengembangkan topologi hybrid ini, dapat dilakukan dengan mudah tanpa merubah apapun dari topologi yang sudah ada.
·         Dapat digunakan untuk menggabungkan model topologi jaringan apapun.
·         Lebih fleksibel dibandingan model topologi yang lain, sehingga dapat disesuaikan untuk keperluan pada lingkungan jaringan yang berbeda.
Kekurangan Topologi Hybrid
·         Pengolahan jaringan pada topologi hybrid tergolong rumit, hal ini karena topologi jaringan hybrid merupakan gabungan dari beberapa model topologi yang berbeda.
·         Untuk mengkonfigurasi dan instalasi topologi jaringan ini tergolong lebih sulit, dibutuhkan kesabaran dan ketelitian dalam konfigurasi dan instalasi jaringan komputer.
·         Biaya yang dibutuhkan untuk membangunnya tergolong mahal, hal ini disebabkan oleh kebutuhan kabel yang cukup banyak.
·         Itulah penjelasan mengenai pengertian topologi jaringan hybrid lengkap dengan kelebihan dan kekurangan topologi hybrid. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk sobat komputer dimanapun berada. sampai jumpa lagi pada ulasan mengenai teknologi komputer berikutnya.

Comments

Popular posts from this blog

Soal Latihan Elektronika Semester 1 BSI 2018 (latihan ujian online)

Soal Latihan Elektronika Semester 1  BSI 2018 (latihan ujian online) Hay Guys. Disini aku mau kasih kunci jawaban tentang latihan ujian online elektronika Semester 1 tahun 2018. langsung aja ya guys.tapi setiap 1 meja beda soal.tapi cuma diacak sih.don't Forget teliti. 1.      Nama lain untuk kristal tipe-pn adalah :                 a.Junction               d. Valensi                b. hole                    e. Dipole                c. kristal  2.      Dengan mengubah – ubah derajat doping dari dioda silikon,maka pabrik dapat menghasilkan              dioda zener dengan tegangan breakdown sebesar :               a. 10 V                  d. < 2 V               b. > 200 V            e. 10-20 V                c. 2 - 200V   3.      Arus maksimum yang berhubungan dengan batas kemampuan daya pada dioda zener adalah :               a. Izm = Pzm / Vz         d. Pzm = Izm / Vz              b. Izm = Vz / Pzm        e. Pzm = Izm - Vz              c. I

Pengertian,Kelebihan dan Kekurangan Ipv4 dan Ipv6

Pengertian IPv4 dan IPv6 serta Kelebihan dan kekurangannya Ø   IPv4 (Internet Procol version 4) IPv4 (internet Protocol version 4) adalah sebuah jenis pengalamatan jaringan yang digunakan di dalam protokol jaringan TCP/IP yang menggunakan protokol IP versi 4. Panjang totalnya adalah 32bit, dan secara teoretis dapat mengalamati hingga 4 miliar host komputer atau lebih tepatnya 4.294.967.296 host di seluruh dunia, jumlah host tersebut didapatkan dari 256 (didapatkan dari 8 bit) dipangkat 4(karena terdapat 4 oktet) sehingga nilai maksimal dari alamat IP versi 4 tersebut adalah 255.255.255.255 di mana nilai dihitung dari nol sehingga nilai nilai host yang dapat ditampung adalah 256x256x256x256=4.294.967.296 host, bila host yang ada di seluruh dunia melebihi kuota tersebut maka dibuatlah IP versi 6 atau IPv6. Contoh alamat IP versi 4 adalah 192.168.1.128. Kelebihan : -     Tidak mensyaratkan ukuran paket pada link layer dan harus bisa menyusun kembali paket berukuran 576 byt

Kata-katanya

kata-kata ini sebagian curahan hatiku dan temanku sebagian juga kata"nya dapat dari seseorang,. :) editan  imagechef